PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, SOSIALISASI DAN KEPUASAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PBB DI KECAMATAN BEKASI TIMUR KOTA BEKASI TAHUN 2017

  • Dian Ayu Anggraeni Kusuma Dewi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
Keywords: Kualitas pelayanan, sosialisasi, kepuasan, kepatuhan wajib pajak PBB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, sosialisasi dan kepuasan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepatuhan wajib pajak PBB di Kecamatan Bekasi Timur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif melalui metode survei. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket bentuk skala likert. Sampel penelitian sebanyak 100 wajib pajak di Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak diperoleh persamaan garis regresi linear parsial sebesar 0,000 dan thitung = 5,825 sedangkan ttabel = 1,98. Karena nilai Sig.< 0,05 dan thitung> ttabel maka H1 diterima. (2) Pengaruh sosialisasi terhadap kepatuhan wajib pajak diperoleh persamaan garis regresi linear parsial sebesar 13,477 + 0,489.X2. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. = 0,000 dan thitung = 5,440 sedangkan ttabel = 1,98. Karena nilai Sig.< 0,05 dan thitung> ttabel maka H1 diterima. (3) Pengaruh kepuasan terhadap kepatuhan wajib pajak diperoleh persamaan garis regresi linear parsial sebesar Y 12,152 + 0,548.X3. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai Sig. = 0,000 dan thitung = 6,004 sedangkan ttabel = 1,98. Karena nilai Sig.< 0,05 dan thitung> t tabel maka H1 diterima. (4) Pengaruh kualitas pelayanan, sosialisasi dan kepuasan secara simultan terhadap kepatuhan wajib  pajak diperoleh  persamaan garis regresi linear ganda sebesar Y = –0,241 + 0,372.X + 0,283.X +0,310. Uji Hipotesis menggunakan uji F diperoleh nilai Sig. = 0,000 dan Fhitung = 25,600 sedangkan Ftabel = 3,09. Karena nilai Sig.< 0,05 dan F hitung > Ftabel maka Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini: kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak; kualitas pelayanan, sosialisasi dan kepuasan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Published
2021-04-07