Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Buah di Pasar Induk Cibitung Bekasi

  • Try Prabowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
Keywords: Faktor Harga, Faktor Produk, Faktor Tempat Belanja dan Keputusan Pembelian

Abstract

This study aims to determine the faktors that influence the decision to buy fruit at the Pasar Induk Cibitung, Bekasi. Data was collected using questionnaires and documentation, with a total of 91 respondents. Comparison of r table (degree of freedom) with r arithmetic (Corrected Item Total Correlation) to see the effectiveness of the instrument with a significance level of 5% on multiple linear regression test. The results of this study are (1) the price faktor has a significant and important influence on fruit purchasing decisions, and the tcount is greater than the ttable value (11,769 > 1,663). (2) Product faktor has a big influence on the decision to buy fruit with tcount greater than ttable (0.989 > 1.663). (3) The shopping location faktor has a negative effect on fruit purchasing decisions with a value of tcount < ttable (-1.039 <1.663).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah di Pasar Induk Cibitung Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi, dengan jumlah responden sebanyak 91 responden. Perbandingan r table (degree of freedom) dengan r hitung (Corrected Item Total Corelation) untuk melihat keefektifan instrument dengan tingkat signifikansi 5% pada uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) faktor harga memiliki pengaruh yang signifikan dan penting terhadap keputusan pembelian buah, dan nilai thitung lebih besar dari nilai ttable (11,769 > 1,663). (2) Faktor Produk berpengaruh besar terhadap keputusan membeli buah dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (0,989 > 1,663). (3) Faktor Lokasi belanja berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian buah dengan nilai thitung < ttabel (-1,039 < 1,663).

Published
2021-12-28