Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Kabupaten Bekasi

  • Khudaifah Alfirdausi Mahasiswa Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
  • Netti Natarida Marpaung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
Keywords: Harga, Ulasan Pruduk, Keputusan Pembelian

Abstract

The development of online stores in Indonesia is growing very rapidly. This makes manufacturers compete to sell on the Marketplace by providing a variety of products. This study aims to determine the effect of price and product reviews on purchasing decisions in the Shopee Marketplace partially and simultaneously. This type of research is quantitative with a survey method. The sample in this study was 98 people. Sources of data from this study using primary data. The data analysis technique used multiple linear regression analysis with F test (simultaneous) and t test (partial). The calculation process uses SPSS 26.0. The results show that there is a significant positive effect between price and product reviews on purchasing decisions on the Shopee Marketplace, either partially or simultaneously.

Abstrak

Perkembangan toko online di Indonesia berkembang sangat pesat. Hal ini membuat produsen berlomba-lomba menjual di Marketplace dengan menyediakan berbagai macam  produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh harga dan Ulasan Produk terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang. Sumber data dari penelitian ini menggunakan data primer. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda disertai dengan uji F (simultan) dan uji t (parsial). Proses perhitungan menggunakan  SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari harga dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Shopee secara parsial maupun simultan.

Published
2022-05-13