Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Baca Masyarakat Pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok

  • Wilianah Mahasiswa Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana
  • Fajar Azzam Pasha Akhmad Universitas Mitra Karya
Keywords: : Service Quality, Promotion, and Public Interest in Reading

Abstract

The purpose of this study is to find out how the quality of service and promotion affect the reading interest of the community at the Depok Library Service. The research method used in this research is descriptive quantitative method. The data analysis technique used is classical assumption analysis and data testing using multiple linear regression. The software used to process and analyze the research data is SPSS version 26.0. There is a positive and significant influence between service quality variables on people's reading interest. This is indicated by the value of tcount > ttable (3.624 > 1.991), there is a positive and significant influence between the promotion variables on people's reading interest. This is indicated by the value of tcount > ttable (5,115 > 1,991), there is a positive and significant influence on service quality, and promotion of public interest in reading at the Depok Library Service. This is indicated by the Fcount value of 29.330 which is greater than Ftable 3.11 and a significant value of 0.000 which is smaller than 0.05. While the value of the coefficient of determination (Adj. R2) is 0.418, which means that the service quality and promotion variables are able to explain the reading interest variable by 41.8% while the remaining 59.2% is influenced by other factors not included in this study.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan, dan Promosi berpengaruh terhadap Minat Baca Masyarakat di Dinas Perpustakaan Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis asumsi klasik dan pengujian data menggunakan regresi linear berganda. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data penelitian ini adalah SPSS versi 26,0. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap minat baca masyarakat. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung > ttabel (3,624 > 1,991), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel promosi terhadap minat baca masyarakat. Hal ini ditunjukan oleh nilai thitung > ttabel (5,115 > 1,991), terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan, dan promosi terhadap minat baca masyarakat pada Dinas Perpustakaan Depok. Hal ini ditunjukan oleh nilai Fhitung sebesar 29,330 yang  lebih besar dari Ftabel 3,11 serta nilai signifikan 0.000 lebih kecil dari 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi (Adj. R2) sebesar 0.418 yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan, dan promosi mampu menerangkan variabel minat baca sebesar 41,8% sedangkan sisanya 59,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Published
2022-05-22