Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rose Brand (Studi Kasus Wilayah Jatibening Kota Bekasi)
Abstract
This study aims to analyze how much influence Brand Image and Price have on Purchase Decisions for Rose Brand Products in the community in the Rt. 002 Rw. 014 during the period November 2021 – February 2022. This study uses quantitative research is research that aims to explain the relationship between two or more variables, the sample in this study totaled 100 respondents, using a non-probability sampling type sampling method with a purposive sampling technique. The data collection method used is the questionnaire method, observation, interviews, documentation, and literature study. Data processing techniques use the help of the IBM SPSS version 26 program to obtain test results from the results of the Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test, Multiple Linear Regression Test, Coefficient of Determination Test, and Hypothesis Test (t-test and f test). The results of this study indicate that Brand Image and Price have a positive influence on Purchasing Decisions. Based on the test results the coefficient of determination was 71.6% while the remaining 28.4% was influenced by other variables not included in this study. Based on the results of the t (partial) test and f (simultaneous) test, shows that there is a significant effect partially or simultaneously between Brand Image and Price variables on Purchasing Decisions.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Rose Brand pada masyarakat di wilayah Rt. 002 Rw. 014 selama periode November 2021 – Februari 2022. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menerangkan hubungan antara dua variabel atau lebih, sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, dengan menggunakan metode pengambilan sampel jenis non probability sampling dengan Teknik pengambilan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik pengolahan data menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 26 sehingga mendapatkan hasil pengujian dari hasil Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi linear berganda, Uji koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image dan Harga mempunyai pengaruh yang positif terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi sebesar 71,6% sedangkan sisanya 28,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t (parsial) dan uji f (simultan) menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh yang signifikan secara persial maupunn simultan antara variabel Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian.