Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Bakso Raksasa Margahayu Bekasi

  • Samroh Universitas Mitra Karya
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Services have the objective of providing direction to the company's marketing efforts to maintain customer satisfaction from an internal company perspective. This study aimed to determine how much influence and quality of service has on customer satisfaction. Data collection was carried out through samples by means of random sampling. The method used is descriptive method with data collection through interviews, observation, and questionnaires. The results of the t-test indicate that there is a significant influence of service quality on customer satisfaction. This is evidenced by the variable (X) service quality and variable (Y) customer satisfaction having a significant value of less than 0.05 (0.00 <0.05), and there is an important relationship between service quality and customer satisfaction. This is evidenced by the significance value of the t-test partially obtained by a calculated value of 12.246 while the value of the t table is 0.775 so that the t count is more significant than the t table so that Ho is rejected or Ha is accepted, meaning that service quality affects customer satisfaction.

Abstrak

Pelayanan memiliki tujuan untuk memberikan arahan pada upaya pemasaran perusahaan untuk menjaga kepuasan pelanggan dari perspektif internal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan melalui sampel dengan cara random sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan variabel (X) kualitas pelayanan dan variabel (Y) kepuasan pelanggan memiliki nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05), dan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t secara parsial diperoleh nilai hitung sebesar 12,246 sedangkan nilai t tabel sebesar 0,775, sehingga t hitung lebih besar dari t tabel, sehingga Ho ditolak atau Ha diterima, artinya kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Published
2023-01-12